‘Aisyiyah Awali Aksi Sosial MCCC Kabupaten Mojokerto

Memberi Untuk Negeri

‘Aisyiyah Awali Aksi Sosial MCCC Kabupaten Mojokerto

April 15, 2020 berita 0
aksi sosial oleh ketua PDA Kabupaten Mojokerto

lazismumojokerto.org – Kasus covid-19 meningkat cukup signifikan dalam kurun waktu yang relatif pendek, oleh karena itu segenap masyarakat dituntut untuk turut aktif dalam memutus rantai penyebaran virus ini. Salah satu cara yang dipercaya paling efektif yakni dengan melakukan social distancing, mengurangi aktivitas berkerumun dan diusahakan tetap di rumah saja.

Berbagai macam kegiatan digital diberlakukan. Tagar #DiRumahAja sudah mulai digaungkan dalam beberapa waktu, untuk mulai mengedukasi masyarakat agar lebih banyak menahan diri di rumah selama virus covid-19 masih terus menghantui daerah-daerah di Indonesia. Tentu, selama di rumah saja, akan muncul masalah sosial baru yakni tidak ada penghasilan bahkan, tidak cukup ada aktivitas ekonomi yang berputar sehingga masyarakat menjadi tidak cukup punya dana cadangan, penghasilan untuk memenuhi kebutuhan pokok harian.

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Mojokerto merespon masalah sosial tersebut dengan merapatkan diri bersama Lazismu serta elemen Muhammadiyah Mojokerto lainnya dalam Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kabupaten Mojokerto. Respon tersebut disampaikan langsung oleh Ibu Ketua PDA, Hj. Lilik Maslikhah dalam rapat terbatas pimpinan hari rabu (8/4) siang bertempat di Kantor PDM Kab. Mojokerto.

“hasil rapat sudah kami putuskan, insyaAllah titip penyaluran 100 kg gula, serta uang tunai 3,5juta rupiah melalui Lazismu untuk dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan bersama MCCC”, terang Lilik.

Manajer Lazismu, Ridho yang turut hadir saat rapat tersebut menyambut positif keputusan langkah PDA dalam respon menanggulangi covid-19 di Kabupaten Mojokerto. “InsyaAllah setelah lebih dari 400 titik kami bersama relawan melakukan semprot desifektan di fasilitas umum se-Mojokerto. Kini isu bergeser ke aspek yang lebih penting yaitu ketahanan pangan warga terdampak pandemi. Yang mana isu ini diperkirakan masih akan terjadi hingga 4 bulan mendatang.” Jelas Ridho.

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Mojokerto juga mendelegasikan 4 orang pimpinan, meliputi majelis kesejahteran sosial, majelis ekonomi, dan majelis kesehatan untuk turut menjadi bagian dalam tim MCCC dalam rangka aksi serius menghadapi ketahanan pangan. Mengingat dalam waktu dekat juga akan masuk momen Ramadhan, maka menghadapi covid-19 harus sematang dan sebaik mungkin, Hj. Lilik menguatkan sekaligus menutup pernyataannya.

Mengawali aksi sosial tersebut, jumat lalu (10/4) didistribusikan 100 paket senilai hampir 10juta rupiah oleh Lazismu, ‘Aisyiyah dan AMM Kabupaten Mojokerto untuk masyarakat umum.  Kegiatan tersebut menyasar tukang becak, tukang ojek, serta supeltas yang ekonominya rentan terdampak covid-19. Aksi ini juga merupakan pemanasan ketahanan pangan 4 bulan ke depan oleh tim MCCC Kabupaten Mojokerto.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?