Dapur Mama Inul Kini Dibranding Juga oleh Lazismu

Memberi Untuk Negeri

Dapur Mama Inul Kini Dibranding Juga oleh Lazismu

June 12, 2020 berita 0
penyerahan banner program BrandingMu

Lazismumojokerto.org – Memiliki skill memasak tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi kaum perempuan. Selain memasak harian untuk keluarga di rumah, skill ini juga bisa dikembangkan untuk berwirausaha.

Itu pula yang dilakukan Inul Varianti, warga Desa Adisono, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Kepiawaiannya memasak dikembangkan dengan membuka lapak kecil di depan rumahnya. Awalnya, perempuan asal Sidoarjo ini hanya berjualan melalui aplikasi obrolan Whatsapp.

Ia menawarkan dari grup ke grup, atau membuat unggahan foto. Dari foto-foto yang diunggahnya itu, ia pun mulai menerima pesanan. “Akhirnya, sejak bulan Ramadhan kemarin saya coba jualan di depan rumah kalau sore,” tutur Inul.

Usai lebaran, ia memindahkan lapaknya sekitar 10 meter dari tempatnya semula. “Karena panas,” ungkapnya.

Lapak kecilnya kini berada di depan sebuah warung kopi yang bersebelahan dengan rumahnya. Meski kecil dan belum memiliki tempat paten, namun kreasi menu buatan Inul, sapaan akrabnya, sangat variatif.

Menu andalannya martabak usus (marsus) dan martabak balung (marlung) alias martabak dengan isian tulang ayam. Selain menu andalan itu, Inul juga menyediakan menu gado-gado, rujak cingur, dan rica-rica ceker ayam pedas.

Meski tak seramai saat Ramadhan, namun Inul tetap mensyukuri pendapatan yang diperolehnya. Ia juga tetap menerima pesanan aneka nasi kotak dengan beragam menu. “Seringkali ayam bakar, gurame bakar, atau cumi-cumi,” imbuhnya.

Kelihaian Inul memasak ini diakui pula oleh pemilik warung kopi yang  menjadi inang lapaknya. “Enak lo, masakannya,” ujar Ernawati yang ikut nimbrung saat Lazismu Kabupaten Mojokerto menyambangi lapaknya.

Kedatangan Lazismu Kabupaten Mojokerto bukan tanpa alasan. Dua orang amil mengunjungi Inul untuk memberikan banner untuk dipasang di depan lapaknya. Banner yang diberikan itu merupakan bagian dari program BrandingMu Lazismu Kabupaten Mojokerto.

Program yang berada di bawah pilar ekonomi tersebut menyasar pengusaha Usaha Kecil, Mikro, Menengah (UMKM) yang potensial untuk dikembangkan. Lokasi lapak yang bernama “Dapur Mama Inul” itu memang strategis karena berada di jalan utama yang menjadi akses keluar masuk kendaraan dari luar Mojokerto.

“Terima kasih, semoga berkah untuk Lazismu,” kesan Inul sembari memasang banner di depan lapaknya. (ich)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?