Gantikan Dokter Corona sebagai Ketua MCCC, Agus Imbau Donasi Lewat Lazismu

Memberi Untuk Negeri

Gantikan Dokter Corona sebagai Ketua MCCC, Agus Imbau Donasi Lewat Lazismu

April 16, 2020 berita 0
Agus Samsudin, Ketua MCCC PP Muhammadiyah

Lazismumojokerto.org – Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), dr. Corona Rintawan diangkat menjadi  Staf Khusus Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (15/4/2020). Posisi tersebut kini digantikan oleh Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Agus Samsudin.

Dalam konferensi pers melalui kanal Youtube Muhammadiyah, Agus mengungkapkan terima kasih atas atensi semua pihak. Atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agus menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya 469 orang yang terpapar Covid-19, di antaranya petugas medis, dokter, dan perawat.

Saat ini, PP Muhammadiyah tengah melakukan perluasan MCCC secara keseluruhan. “Kami tengah menyiapkan unit khusus MCCC untuk covid-19 yang akan diresmikan di RSM Gombong. Sebab, Jawa Tengah bagianselatan merupakan salah satu daerah dengan penderita paling tinggi,” ujar Agus.

Unit khusus tersebut sedang dalam masa percepatan sehingga bulan depan sudah bisa digunakan. Hingga kini, ada 69 rumah sakit Muhammadiyah di seluruh Indonesia yang menangani Covid-19.

RS Muhammadiyah yang persebarannya banyak di Jawa tersebut memiliki 2.000 pasien dalam pengawasan (PDP), 1.838 orang dalam pantauan (ODP), dan 25 kasus positif Covid-19.

Melalui konferensi pers tersebut, Agus juga membuka kesempatan donasi sebanyak-banyak kepada semua pihak yang ingin ambil bagian dalam penanganan pandemi ini. “Kami bersama dengan Lazismu mengumpulkan dana, saat ini ada Rp 5,5 miliar berupa cash secara nasional. Dalam bentuk lain belum kami laporkan saat ini,” imbuh Agus.

MCCC yang dibentuk sebulan lalu merupakan respon Muhammadiyah terhadap kemanusiaan. Pandemi Covid-19 telah menimbulkan banyak dampak, mulai sektor ekonomi, keuangan, hingga aktivitas masyarakat.

“Tetap semangat, kepada para tenaga medis, mudah-mudahan ini menjadi bagian amal ibadah. Kepada warga Muhammadiyah, tetaplah jadi pelopor menghadang Covid-19,” pungkasnya. (ich)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?