Kades Pacet: Warga Desa Pacet Pertama Kali Dapat Paket Sembako

Memberi Untuk Negeri

Kades Pacet: Warga Desa Pacet Pertama Kali Dapat Paket Sembako

April 27, 2020 berita 0
penyerahan sembako door to door Pacet Mojokerto

Lazismumojokerto.org – Untuk pertama kali, warga di Desa Pacet, Kecamatan Pacet mendapatkan bantuan paket sembako selama masa pandemi Covid-19. Hal tersebut dinyatakan langsung oleh Kepala Desa Pacet Yadi Mustofa.

“Ini gerak cepat dari kemasjidan, panti, dan Aisyiyah yang mengawali di Desa Pacet. Ini baru pertama kali ada pemberian sembako seperti ini. Jadi terima kasih, semoga manfaat,” ujarnya kepada MCCC Kabupaten Mojokerto usai seremonial penyerahan secara simbolis paket sembako di Masjid at-Taqwa Pacet, Ahad (26/4/2020).

Menurut keterangan Yadi, warga Desa Pacet berkisar 2.200 KK. Sejauh masa pandemi, Yadi bersama pemerintah desa mengaku tengah berupaya mencari pendanaan untuk kecukupan kebutuhan pokok warga.

“Tidak cukup pemerintah baik pusat, provinsi, maupun kabupaten, apalagi desa, untuk mengondisikan kecukupan pemberikan paket sembako seperti ini. Memang agak rumit prosedurnya. Kami, pemerintah desa, terima kasih banyak lembaga-lembaga yang bisa memberikan kontribusi kepada warga kami,” imbuhnya.

Sebanyak 310 paket sembako yang dibagikan kepada warga terdampak Covid-19 dimotori oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Pacet bekerja sama dengan Masjid at-Taqwa dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Panti Asuhan Yatim (PAY) Pacet. Aisyiyah tak lain merupakan bagian dari Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC).

Penyaluran paket sembako diawali secara simbolis di halaman Masjid at-Taqwa dengan menghadirkan perwakilan warga dari empat dusun di Desa Pacet. Ketua MCCC Kabupaten Mojokerto M. Rofiudin menyerahkan secara simbolis paket tersebut ke salah satu warga.

Selanjutnya, ratusan paket tersebut diberikan dari rumah ke rumah. Empat mobil masing-masing terdiri atas relawan dari Pemuda Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Pacet bergerak dari rumah ke rumah yang telah tercatat di data mereka.

Aksi ini turut didampingi pengamanan oleh petugas kepolisian dan TNI setempat. Paket sembako yang dibagikan merupakan donasi dari jamaah masjid At-Taqwa Pacet, LKSA dan PAY Muhammadiyah Pacet, dan Pimpinan Cabang Aisyiyah Pacet.

Ketua PCA Pacet, SIti  Nur Indah menyebut sasaran penerima paket ini adalah kaum dhuafa, janda, dan warga yang bekerja di sektor informal. “Mereka yang mengandalkan penghasilan harian. Misalnya yang jualan di kantin sekolah, kini sekolahnya libur, otomatis terdampak,” ujarnya. (ich)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?