Lazismu Dukung Program Sekolah Desa

Memberi Untuk Negeri

Lazismu Dukung Program Sekolah Desa

August 27, 2020 berita 1
Program Sekolah Desa oleh Komunitas Kamissore yang didukung oleh Lazismu. (Foto: istimewa)

Lazismumojokerto. org – Hampir satu semester siswa sekolah melakukan pembelajaran dari rumah sejak virus Covid-19 menyebar di Indonesia pada Maret 2020. Banyak adaptasi yang harus dilakukan oleh orang tua, siswa, maupun guru terkait kondisi ini.

Anak-anak pun kehilangan dunianya. Yakni belajar dan bermain. Perasaan jenuh mungkin saja menggelayuti anak-anak yang tak bebas bermain dan belajar di luar rumah seperti biasanya.

Menanggapi kondisi ini, sekumpulan mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Kamissore menggelar acara bertajuk Sekolah Desa pada Sabtu – Ahad (22-23/8/2020). Agenda ini sebagai wadah bagi anak-anak yang selama ini hanya melakukan sekolah daring.

Sekolah Desa diikuti anak-anak Dusun Watusimbar, Desa Simbaringin, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Mengingat himbauan pemerintah untuk tidak berkerumun, jumlah peserta Sekolah Desa pun terbatas, hanya 16 orang.

“Anak – anak pelajar saat ini tidak baik – baik saja. Mereka butuh pendidikan yang sebenarnya, butuh pendidikan dari guru yang bakal mereka gugu dan ditiru. Mereka perlu diawasi langsung untuk pengembangan emosional, perasaan, kepedulian, serta komunikasi mereka,” ungkap Hafiar Baidlowi, Ketua Kamissore.

Lazismu sebagai lembaga sosial yang memiliki program pendidikan, turut mendukung kegiatan ini. “Di pilar pendidikan, Lazismu memiliki beberapa program. Salah satunya program Sekolah Cerdas yang merupakan program sekolah kesiapsiagaan akibat bencana alam maupun non-alam,” ujar Isnatul Chasanah, Staff Program Lazismu Kab. Mojokerto.

Akibat Covid-19, anak-anak turut terdampak. Tak lain karena tak bisa melakukan pembelajaran di  sekolah dan harus belajar secara daring. Program Sekolah Desa yang didukung Lazismu tersebut juga menekankan edukasi pembiasaan hidup sehat di tengah pandemi.

“Salah satunya, kami berikan masker untuk kegiatan ini. Ini merupakan bentuk edukasi bahwa wabah belum berakhir. Memakai masker adalah cara efektif untuk memutus rantai penularan virus corona,” imbuh Isnatul.

Antusias anak-anak Dusun Watusimbar seperti menggambarkan kerinduan mereka belajar dan bermain bersama. Meski hanya dua hari, acara tersebut membuat anak-anak sangat bahagia.

“Responnya sangat bagus. Anak-anak sangat senang. Ada kegiatan belajar, edukasi kebiasaan hidup sehat di tengah pandemi, juga outbond dan lomba-lomba untuk anak-anak. Karang Taruna desa yang kami libatkan berharap kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi,” tutup Hafiar.

Sobat Lazismu bisa mengambil peran dan berpartisipasi dalam program-program Lazismu. Salurkan donasi Anda melalui nomor rekening 6677889900 (BRI Syariah), 899930000 (BNI Syariah), 9988776618 (Bank Syariah Mandiri), dan 7040017772 (Bank Muamalat).

 

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?