Lazismu Salurkan Dana Zakat untuk Asnaf Gharim

Memberi Untuk Negeri

Lazismu Salurkan Dana Zakat untuk Asnaf Gharim

April 18, 2020 berita 0
tasaruf asnaf gharim Lazismu Kab Mojokerto

Lazismumojokerto.org – Roda hidup terus berputar. Pepatah tersebut cocok untuk menggambarkan kondisi Enik Ernawati saat ini. Bagaimana tidak, agen tabung gas dan galon air yang juga donatur Lazismu tersebut kini terancam gulung tikar.

Semua bermula sejak karyawannya yang bertugas mengantar pesanan tabung gas, menggelapkan ribuan tabung gas hijau. “Kurang lebih tiga ribu tabung yang saat itu digelapkan,” kisahnya mengingat masa yang membuat usaha yang digelutinya meniti jalan terjal.

Akibat ulah tak bertanggung jawab itu, Lucky, sapaan akrab Enik Ernawati, harus mengganti ribuan gas tersebut. Modal serta biaya operasional tokonya pun ludes untuk mengganti. “Bahkan, suami yang bekerja di perusahaan elpiji, sudah tiga tahun terakhir merelakan gajinya untuk mengganti,” kata Lucky yang juga pengusaha toko kelontong ini.

Praktis, Lucky  hanya mengandalkan pemasukan dari tokonya yang kini berkurang drastis. Saat Lazismu Kabupaten Mojokerto mengunjungi toko yang juga kediamannya di Jalan Raya Trawas tersebut, tampak tokonya sudah hampir kosong.

Galon dan tabung gas yang ada di tokonya bisa dihitung dengan jari. Begitu juga dengan etalase dan lemari pendingin yang kosong dagangan. Kondisi ini semakin buruk, sebab Lucky terjerat hutang riba pada bank.

Langkah berhutang pada bank cuilan ditempuh lantaran Lucky tak punya banyak pilihan untuk menyelesaikan masalahnya. Hutang dan bunga yang ditanggungnya kini tak kurang dari angka belasan juta rupiah.

Menganggapi kondisi ini, Lazismu meringankan beban Lucky dengan menyalurkan dana zakat sesuai 1/8 bagian dari seluruh perolehan zakat untuk asnaf gharim di tahun 2020. Uang tunai sejumlah Rp 2.750.000 tersebut disalurkan pada Jumat (17/4/2020).

Uang tersebut sebagian akan digunakan untuk membayar bunga hutang kepada bank cuilan. Sebagian yang lain, digunakan sebagai modal usaha untuk mengisi toko.

“Gharim punya hak salah satu dari delapan asnaf zakat, jadi ini juga menjadi tanggung jawab kami untuk membantu. Semoga yang ada ini bisa bermanfaat dan dapat meringankan beban,” ungkap Manajer Lazismu Kabupaten Mojokerto Khoirul Azmi Ridho.

Kisah Lucky pertama kali diketahui oleh bagian fundraising Lazismu saat menjemput donasi ke rumah perempuan asal Lamongan tersebut. Permasalahan tersebut kemudian didiskusikan bersama oleh pimpinan Lazismu. Lucky menjadi donatur rutin Lazismu sejak 2019. (ich)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hai, ada yang bisa kami bantu?