Hindari PMK, Qurban Lazismu Dikemas Kaleng Siap Makan

Jika dua tahun terakhir rangkaian kegiatan Iduladha terhalang oleh pandemi, tahun ini tantangan itu muncul berupa penyakit kuku dan mulut yang menyerang hewan ternak, utamanya sapi dan kambing yang menjadi hewan qurban utama di Indonesia. Namun demikian, hal tersebut tak mengurangi semangat untuk menunaikan ibadah qurban dengan proses yang aman dan selektif.

Rangkaian kegiatan Iduladha Lazismu Kabupaten Mojokerto dimulai dengan menggelar Gerai Qurban Kemasan bertempat di bisnis center SMA Muhammadiyah 2 di Jalan Pahlawan Mojosari. Gerai tersebut dibuka selama empat hari menjelang Iduladha, terhitung sejak tanggal 4-7 Juli 2022.

Sementara itu, pasca salat Iduladha tim Lazismu membagikan daging yang sudah disembelih ke beberapa kecamatan. Penyembelihan dilakukan oleh beberapa masjid. Pembagian daging qurban dilaksanakan pada hari Sabtu dan Ahad (9-10/7/2022). Daging didistribusikan ke beberapa kecamatan, di antaranya kecamatan Gondang, Jatirejo, Mojoanyar dan warga sekitar Zakat Center Lazismu di Mojosari. Setidaknya ada 75 penerima daging qurban segar tersebut.

Semenatara itu, perolehan qurban yang berhasil dihimpun oleh Lazismu Kabupaten Mojokerto dikelola oleh Rumah Potong Hewan di Blitar. Pengelolaan meliputi penyembelihan, sterilisasi, pengalengan dan distribusi. Pengolahan di RPH ini dilakukan demi prosedur yang aman, higienis, dan terjaga kebersihannya di tangan tenaga dan fasilitas profesional. Lazismu melakukan pemantauan langsung proses tersebut pada Senin (11/7/2022).

“Proses pengolahan daging qurban menjadi produk kemasan ini dilakukan untuk kebermanfaatan yang lebih luas. Dalam bentuk kaleng berupa produk RendangMu, daging bisa bertahan lebih lama, bisa didistribusikan ke daerah yang lebih luas, serta memudahkan penerima karena siap makan,” tutur Muzaki Zainuri, kepala kantor Lazismu.

Muzaki juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh pequrban yang telah menunaikan qurbannya melalui Lazismu. Selain program qurban kemasan melalui RendangMu, Lazismu juga memiliki program Tabungan Qurban yang bisa dimanfaatkan oleh para donatur untuk menyiapkan qurban sejak jauh-jauh hari.

“Kami siap menjemput tabungan qurban setiap bulan, sehingga qurban tidak terasa berat karena bisa dicicil selama setahun,” pungkasnya. Sudah siapkah Anda berqurban tahun depan? (ic)

Lazismu Kabupaten Mojokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Berita yang Lain

Open chat
Ada yang bisa Kami Bantu?
Selamat Datang!
Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Kami melalui Whatsapp.