MSC, Program Bahan Pangan

Setiap bulan, melalui program Muhammadiyah Senior Care (MSC), Lazismu Kabupaten Mojokerto menyalurkan paket sembako pada puluhan penerima manfaat. Sesuai nama program, penerima manfaat diutamakan berasal dari kalangan lansia dhuafa. Hingga saat ini, setidaknya ada 59 penerima yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Mojokerto.

Muzaki Zainuri, kepala kantor Lazismu Kabupaten Mojokerto menegaskan pertimbangan usia yang sudah tidak produktif dan kondisi ekonomi mendesak sebagai kriteria utama penerima program ini. “Pertimbangannya adalah tidak ada yang mencarikan nafkah dan mengandalkan dari bantuan tetangga, kalaupun ada yang mencari nafkah itu pun sangat minim dan belum layak untuk kebutuhan makan, maka kami akan memberikan sembako melalui MSC ini,” ungkap Muzaki.

Lazismu juga melakukan kontrol untuk mengetahui kondisi terakhir dari penerima manfat tersebut, ketika ada yang meninggal maka terputuslah bantuan tersebut dan tidak bisa diwarikan ke ahli warisnya. Paket sembako yang diberikan setidaknya terdiri atas beras, minyak goreng, mie, gula, dan rendang kemasan siap makan.

Mendatang, Muzaki merencanakan para penerima manfaat ini tak hanya mendapatkan sembako, tapi sisi kesehatan akan berkolaborasi dengan klinik atau bidan untuk mengecek kesehatan. Penyaluran sembako dilakukan dari rumah ke rumah sekaligus untuk mengetahui kondisi terkini dari penerima manfaat.

Ketika ditemukan ada kebutuhan lain selain sembako maka akan Lazismu berikan. “Contohnya pernah ada penerima manfaat yang kesulitan untuk jalan dan harus pakai kayu, maka kita belikan tongkat khusus untuk membantu ketika berjalan, di kasus lain adalah kondisi tempat tidur yang tidak layak pakai, maka tindakan kita adalah memberikan dipan dan kasur supaya bisa mereka pakai,” imbuh Muzaki.

Muzaki membuka pintu lebar-lebar bagi para donatur Lazismu yang ingin meringankan beban para lansia ini dengan menjadi donatur tetap program MSC. “In syaa Allah akan tersalurkan sesuai kebutuhan, karena banyak sekali yang membutuhkan,” pungkasnya.

Lazismu Kabupaten Mojokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Berita yang Lain

Open chat
Ada yang bisa Kami Bantu?
Selamat Datang!
Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Kami melalui Whatsapp.